Ingin
Paul Pogba. (c) Getty Images

Hari ini, 15 Maret adalah hari yang berbahagia bagi Paul Pogba. Gelandang andalan Juventus berusia tepat 23 tahun pada hari ini. Gelandang asal Perancis ini juga disebut sebagai salah satu pemain muda terbaik di Eropa. Ia juga disebut akan menjadi pemain kunci timnas Perancis  dalam ajang Euro 2016 di negara beribu kota Paris ini nanti.

Terakhir kali Prancis menjadi tuan rumah turnamen besar adalah Piala Dunia 1998. Saat itu nama-nama seperti Laurent Blanc, Didier Deschamps, Fabian Bartez, dan Zinedine Zinade menjadi jajaran pemain yang membawa trofi piala dunia pertama untuk Perancis. Les Blues—julukan Perancis—sukses mengalahkan Brazil yang kala itu tengah diisi oleh striker fenomenal, Ronaldo. Kendati demikian, Ronaldo tidak main di partai puncak karena alasan kesehatan.

Pogba mengungkapkan kemenangan yang diraih Perancis kala itu meninggalkan bekas pada dirinya dan telah membantunya menjadi pemain seperti sekarang ini.

“Saya menyaksikannya di TV di rumah dan saya ingat pergi keluar untuk merayakan dengan teman-teman,” katanya kepada situs resmi FIFA.

Pogba pun mengungkapkan rasa kagumnya pada Ronaldo Brazil dan Zidane sebagai idolanya.

“Ronaldo adalah pemain yang membuat saya jatuh cinta dengan sepak bola. Saya terpesona karena dia membuat saya bermain penyerang ketika saya masih muda. Tekniknya, kecepatan, dan insting mencetak gol, serta varietas bermainnya, adalah sesuatu yang saya suka dan kagumi.

“Dan tentu saja Zidane juga. Dia ikon Perancis dan seseorang yang membuat kesan nyata pada kami. Kami tidak akan melupakan dia. Semua orang menghormati dan mengagumi dia dan kita semua ingin meniru apa yang dicapai dalam karirnya,” ucap Pogba.

Pogba optimis Didier Deschamps yang kini melatih timnas Perancis bisa membawa negaranya menjuarai Euro 2016 pada bulan Juni nanti.

“Saya yakin bahwa dengan generasi pemain ini, kami bisa membawa kembali masa-masa indah untuk sepak bola Prancis. Kami memiliki skuad yang baik dan pelatih yang sangat cerdas yang akan tahu bagaimana untuk membantu kami mencapai tujuan kami,” imbuhnya.

“Ini akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan untuk memenangkan gelar pertama dengan Perancis. Saya akan memberikan segalanya untuk negara, jadi saya tidak masalah menerima tanggung jawab yang menyertainya dan meletakkan dalam upaya maksimal,” pungkas Pogba.

