Tips Memilih Jurusan Kuliah

Posted on Updated on

Tips
Ilustrasi Mahasiswa. (c) Times Indonesia

Aduh, aku bingung nih pilih jurusan kuliah. Enaknya mana ya? UI, Unpad, ITB, UGM, UNS, Unair, UB, Undip, atau ke mana ya?

Itu merupakan sedikit keluh kesah bagi kalian yang berencana untuk belajar di pendidikan tinggi. Bagi adik-adik yang kini masih duduk di bangku kelas 3 SMA, beberapa dari kalian pasti bimbang dengan pilihan jurusan untuk masuk ke Perguruan Tinggi. Memang pilihan jurusan sangat membuat galau karena nanti arahnya ke pekerjaan kita. Oleh sebab itu, kedaiputih akan berbagi tips bagaimana cara memilih jurusan kuliah nanti.

Sesuaikan Dengan Minat dan Bakat

Ini sangat penting bagi mahasiswa. Karena seorang mahasiswa akan kesulitan menjalani perkuliahan jika tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Memang ada sih beberapa mahasiswa yang memang sanggup untuk menjalani perkuliah tak sesuai minat dan bakatnya, namun bagi mahasiswa secara hal ini akan menyulitkan. Coba bayangkan jika kalian punya minat masuk Sastra tapi malah masuk Kedokteran pasti akan kesulitan karena memang buka di situ passion kalian. Ketidaksesuaian ini biasanya disebabkan oleh paksaan orang tua.

Penyesuaian minat dan bakat ini penting karena kita akan menjalani dengan senang hati. Seorang yang mencintai Ekonomi akan dengan senang hati masuk jurusan Ekonomi karena ia sudah terbiasa menjalaninya. Begitu juga peminat Sastra akan dengan senang hari masuk Sastra dan mudah mempelajarinya karena ia begitu akrab dengan puisi dan prosa.

Rencana Ke Depan

Buatlah rancangan masa depan kamu ingin jadi apa dan ingin berbuat apa. Jika kamu ingin jadi pengacara, tentu kamu akan masuk Fakultas Hukum. Jika kamu ingin jadi petani, jangan segan-segan untuk masuk jurusan Pertanian. Kamu harus menata dengan baik masa depanmu. Apa yang ingin kamu lakukan dan pekerjaanmu nanti. Dengan memiliki gambaran, kamu akan mudah untuk menjalani segalanya.

Misal kamu ingin membantu rakyat kecil mengatasi permasalahan hukum, tentu kamu perlu belajar hukum untuk memuluskan niatmu itu. Begitu juga jika ingin mengembangkan pertanian di Indonesia, akan lebih mudah jika kamu pilih jurusan Pertanian.

Memilih Kota yang Sesuai

Kultur belajar di Surabaya sangat berbeda dengan Malang. Jogja juga berbeda dengan Semarang. Begitu juga Bandung, akan sangat berbeda dengan Jakarta.

Mungkin memang ada yang lebih senang kuliah di kota atau kabupaten asalnya. Akan tetapi, kuliah di luar kota akan menjadi tantangan sekaligus pengalaman baru bagi kalian.

Budaya belajar Jogja yang notabene kota pendidikan akan memudahkan kalian untuk mendapatkan bahan-bahan perkuliahan. Ditambah lagi Jogja sebagai pusat kebudayaan dan kesenian tentu membuat kalian yang gemar menikamti pertunjukan akan nyaman berada di kota ini. Jakarta pun demikian, pilihan ini bisa kalian ambil jika ingin akses informasi dan pekerjaan mudah didapatkan. Begitu juga dengan Surabaya, Malang, dan Bandung yang memiliki karakternya masing-masing.

Biaya hidup di masing-masing kota juga berbeda tergantung bagaimana kita nanti akan bergaya hidup.

Biaya Pendidikan

Perkara biaya ini memang cukup kompleks. Namun, bagi kalian yang memang berasal dari keluarga kurang mampu, kalian bisa mencari beasiswa yang sekarang semakin mudah didapatkan. Biaya pendidikan setiap perguruan tinggi berbeda-beda. Oleh sebab itu, kalian perlu mencari informasi tentang hal via website masing-masing perguruan tinggi.

Konsultasikan dengan Orang Tua

Hal ini juga sangat penting. Orang tua pasti sangat mengingikan yang terbaik bagi anaknya. Jika kalian masing kebingungan, sebaiknya konsultasikan pada orang tua mengenai jurusan, kota, biaya, dan rencana kalian. Restu orang tua sangat penting demi kelancaran proses belajar kalian.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s